Piala Sudirman Cup 2009

Dick SudirmanPiala sudirman (Sudirman Cup) diambil dari nama dari mantan pebulutangkis Indonesia, Dick Sudirman (29 April 1922- 10 Juni 1986). Beliau adalah perintis Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) dan menjadi ketua PBSI selama 22 tahun (1952-1963 dan 1967-1981). Beliau juga pernah menjabat sebagai Wakil Presiden IBF pada tahun 1975.

Sudirman CupPiala Sudirman adalah turnamen champion bulutangkis tim campuran. Diadakan setiap 2 tahun sekali. Ada 5 pertandingan dalam setiap ronde: tunggal putra dan putri, ganda putra dan putri dan ganda campuran.

Turnamen Piala Sudirman pertama kali diadakan di Istora Gelora Bung Karno, Jakarta, Indonesia pada tanggal 24-29 Mei 1989.
Dalam turnamen Piala Sudirman ini tidak ada hadiah berupa uang, dimana pebulutangkis bermain mewakili negaranya masing-masing untuk mendapatkan rangking poin dalam urutan rangking dunia bulutangkis.

Piala sudirman adalah satu-satunya kompetisi internasional yang tidak ada babak kualifikasi. Tim yang bertanding dibagi menjadi 7 grup berdasarkan peforma mereka masing-masing. Hanya tim yang di grup 1 akan memiliki kesempatan untuk mengangkat piala tersebut, sedangkan tim yang di grup lain memperjuangkan promosi mereka. Tim yang paling bawah dalam grup akan di relegasi ke grup yang lebih bawah, kecuali grup final.

Indonesia memenangkan piala sudirman pada tahun 1986. Melalui sejarah turnamen piala sudirman hanya empat negara yang berhasil mencapai semifinal pada semua turnamen piala sudirman yaitu: Indonesia, korea selatan, china dan denmark. China meraih 5 kali menang, diikuti Korea Selatan 4 kali, dan Indonesia 1 kali menang.

Tropi Piala Sudirman

Tinggi piala sudirman 80 cm. Terbuat dari 22 karat (92%) emas campuran perak solid. Bentuk badan piala sudirman adalah octagonal bagian bawah piala terbuat dari kayu jati. Bentuk badan piala adalah berbentuk shuttlecock dan bagian atas berbentuk replika candi borobudur. Gagang piala berbentuk stamens, sebagai simbol bibit dari bulutangkis.

Piala tersebut dibuat perusahaan ahli perak dari Bandung seharga 15.000 US dollar.

Overview

The Sudirman Cup - the World Mixed Team Championships - is held every two years and is one of the most prestigious titles for badminton. It is also the only BWF world event for men and women competing together in national teams.

The event was first hosted in 1989 with 28 national teams. It now attracts more than 50 national teams. Only three nations have won the Sudirman Cup since its inception - Indonesia (1 - once), Korea (3 times) and China (6 times).


sumber :Bulu-Tangkis.COM,id.wiki.detik.com, internationalbadminton.org

Comments :

1
day... mengatakan...
on 

tertulis "Turnamen Piala Sudirman pertama kali diadakan pada tanggal 24 Mei 1989. Indonesia memenangkan piala sudirman pada tahun 1986."

ma'af, bang, ada yang salah tulis. mohon kalimat di atas diralat secepatnya ya...

bang, reviewnya sudah bagus. tapi aku ndak ngerti maksudnya "Tim yang paling bawah dalam grup akan di relegasi ke grup yang lebih bawah, kecuali grup final".

Misalnya, Sudirman Cup 2009 sekarang, di grup 1 ada 8 negara. hasil babak penyisihan adalah Hongkong & Jepang urutan terbawah. apakah maksud dari grup final itu adalah grup 1 atau grup yang mana? Hongkong & Jepang akan turun ke grup 2 atau tetap, ya bang?

salam olahraga! Indonesia....

Posting Komentar

 

Anggota